4 Gejala Tumor Payudara yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa gejala tumor payudara yang harus Anda waspadai yaitu:

  • Banyak Terjadi Perubahan

Gejala tumor payudara ditandai dengan berubahnya tekstur payudara. Perlunya pemeriksaan payudara dengan cara sendiri melalui tekanan tangan dan berkaca di depan cermin. Terdapat benjolan di area payudara. Meskipun benjolan payudara bukan berarti semua merupakan tumor  payudara tapi perlu diwaspadai sejak dini. Terdapat benjolan di bawah ketiak merupakan indikasi terjadinya penyakit kanker di payudara. Warna dan teksturnya berubah. Warna payudara berubah tidak seperti payudara yang normal terkesan pucat dan kusam. Bentuk puting banyak berubah yaitu terdapat rasa gatal, terbakar, dan masuk ke dalam.

Baca juga: Macam-macam Tips Mengencangkan Dan Memperbesar Payudara

  • Mengeluarkan Cairan

Indikasi gejala tumor payudara yaitu ditandai dengan putingnya jika ditekan mengeluarkan cairan yang warnanya kuning mirip nanah. Kalau bisa dites saja dengan menekan puting dengan cara yang lembut. Apakah mengeluarkan cairan atau tidak. Jika ya berarti indikasi payudara Anda sudah mengeluarkan infeksi. Payudara mengeluarkan darah. Darah banyak keluar dari puting merupakan adanya gejala tumor yang harus diwaspadai. Sangat abnormal jika puting  mengeluarkan cairan darah atau kekuningan padahal tidak dalam kondisi menyusui.

  • Terbentuknya Lesung Pada Payudara

Gejala yang perlu Anda waspadai apabila ada lesung merupakan tanda payudara sedang terkena bkanker payudara. Cekungan yang terdapat di payudara akan mirip seperti lesung pipi yang bentuknya sangat aneh. Pada bagian lesung atau tonjolan umumny memiliki tekstur kulit yang sangat kasar dan tidak baik untuk disentuh. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan sentuhan pada bagian payudara yang sehat. Pastikan Anda tidak memiliki keinginan untuk membiarkannya saja. Segeralah lakukan konsultasi dokter.

Baca juga: Cara Memperbesar Payudara dengan Bawang Merah yang Ajaib

  • Gejala Aneh

Payudara yang tidak normal akan mengeluhkan terjadinya pembengkakan yang berwarna merah di daerah payudara. Ada kerutan seperti kulit jeruk di sekitar payudara. Apabila putting kemudian ditarik maka puting tidak bisa berbalik dalam kondisi semula tapi justru mengendur. Jadi sangat bahaya jika puting dihisap oleh pasangan karena sangat sakit dan berbeda dengan payudara wanita normal. Rasa sakit hebat di area puting. Pembengkakan juga terus terjadi di daerah ketiak. Biasanya dokter akan melakukan cek dengan menyentuh dan melakukan USG atau mengambil sampel darah. Pada intinya jangan lah berdiam diri jika Anda mengalami hal ini karena sangat berbahaya jika didiamkan. Sampai detik ini banyak sekali wanita yang merasa tidak siap dengan kondisinya yang memiliki penyakit tumor payudara karena tidak mampu mendeteksinya secara dini dengan sendirinya. Jadi dokter sangat terlambat mengambil teknik penyembuhan. Banyak orang yang membiarkan adanya tanda-tanda yang timbul karena takut jika diperiksa atau takut jika ternyata kenyataannya memilik penyakit. Makanya waspadai gejala tumor payudara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status KeyOptimize.com